1. Pengetahuan
(knowledge)
Pengetahuan
didefinisikan sebagai suatu ingatan terhadap materi yang telah dipelajari. Hal
ini meliputi ingatan terhadap jumlah materi yang banyak, dari fakta-fakta yang
khusus hingga teori-teori yang lengkap.
2. Pemahaman
(comprehension)
Pemahaman
diartikan sebagai suatu kemampuan menangkap makna suatu bahan ajar. Hal itu
dapat diperlihatkan dengan cara menerjamahkan bahan dari suatu bentuk ke bentuk
yang lain, menafsirkan bahan (menjelaskan atau meringkas), dan memperkirakan trend masa depan.
3. Penerapan
(application)
Penerapan
yang dimaksudkan menunjuk pada kemampuan menggunakan bahan ajar yang telah
dipelajari pada situasi yang baru dan konkret.
4. Analisis
(analysis)
Analisis
menuntut suatu kemampuan memilah-milah suatu bahan pada bagian-bagian
komponennya sehingga struktur bahan tersebut dapat dipahami. Hal itu meliputi
identifikasi bagian-bagiannya, analisis hubungan antara bagian-bagian itu, dan
pengenalan terhadap prinsip-prinsip pengorganisasian unsur yang terkait.
5. Sintesis
(synthesis)
Sintesis
menunjuk pada suatu kemampuan untuk menghimpun atau menyatukan bagian-bagian
atau elemen-elemen untuk membentuk pola baru.
6. Evaluasi
(evaluation)
Evaluasi
merujuk pada kemampuan untuk memutuskan atau menentukan nilai suatu materi
untuk suatu tujuan yang telah ditentukan.
Sumber:
Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
Bandung, 8 Juli 2014
00:30 waktu laptopku
_Vani_
No comments:
Post a Comment