Friday, June 7, 2013

Psikopatologi Perkembangan

Sedang punya minat untuk belajar. Tampaknya harus mulai dari awal. Haha.. Tak apa. Mari dcicil sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali. Tulisan berikut dan beberapa tulisan berikutnya akan diambil dari buku karangan Charles Wenar & Patricia Kerig yang berjudul Developmental Psychopathology, Fifth Edition..

Pada bagian ini, aku ingin berbagi hasil rangkuman dan terjemahan dari buku tersebut mengenai Psikopatologi Perkembangan. Berikut adalah hasilnya...

Menurut Wenar dan Kerig, seperti yang mereka tuliskan di buku mereka, Developmental Psychopathology, psikopatologi anak dapat dipahami sebagai “normal development gone awry”. Psikopatologi adalah tingkah laku yang pada awalnya dianggap sesuai untuk anak pada tingkat perkembangan tertentu, namun sudah tidak sesuai lagi dengan tingkat perkembangan tersebut. Suatu tingkah laku dapat dikatakan sebagai tingkah laku patologis tergantung pada kapan tingkah laku tersebut terjadi dalam periode perkembangan anak.

Dalam perkembangan, adanya beberapa tingkah laku yang bermasalah adalah hal yang normal. Justru perlu dipertimbangkan dan dikhawatirkan jika tidak ada perilaku bermasalah yang ditampilkan anak. Beberapa contoh perilaku yang perlu dikhawatirkan misalnya: anak berusia 2 tahun yang tidak mengalami distress ketika berpisah dengan ibunya, anak berusia 3 tahun yang tidak pernah berkata tidak, remaja yang tidak pernah melakukan eksperimen dengan peran barunya, dan sebagainya.

Sebelum menganalisis psikopatologi pada anak, kita perlu mengatur beberapa tahapan, yaitu:
  1. Mengetahui general developmental framework. Tujuannya adalah untuk menentukan berbagai karakteristik perkembangan itu sendiri.
  2. Mengidentifikasi processes of development. Hal ini penting untuk memahami psikopatologi pada anak dan melacak perkembangan normal anak-anak tersebut.
  3. Mengevaluasi theoretical models yang berkontribusi pada pendekatan perkembangan.
  4. Menilai developmental psychopathology approach, yang merupakan usaha untuk mengintegrasikan berbagai perspektif yang berbeda.

Akan ada apa saja di setiap tahapan tersebut, akan saya tulis pada tulisan berikutnya. ^_~


Sumber: Wenar, Charles & Kerig, Patricia. Developmental Psychopathology, Fifth Edition. 


Bandung, 7 Juni 2013
19:51 waktu laptopku

No comments:

Post a Comment