Thursday, June 4, 2015

Kelas Inspirasi Bandung #3

Baru menyadari kalau sudah lama tidak menulis disini. Sudah lama tidak berbagi catatan kecil yang berarti.

Baiklah.. Kali ini aku ingin berbagi tentang kegiatan yang bertujuan menginspirasi dan memang membuat terinspirasi. Kegiatan itu disebut Kelas Inspirasi. Setahun lalu, aku terlibat sebagai relawan inspirator pada Kelas Inspirasi Bandung #2 yang ceritanya aku bagi di http://catatanvani.blogspot.com/2014/02/berbagi-cerita-membangun-inspirasi.html dan dokumentasinya ada di http://catatanvani.blogspot.com/2014/03/oleh-oleh-kelas-inspirasi-bandung-2.html. Dari sana, aku berkenalan dengan orang-orang hebat, kemudian berkenalan dan terlibat dalam komunitas Kejar Aurora, buatan salah seorang rekan sesama relawan saat itu.

Tahun ini, karena undangan yang dikirimkan ke emailku, dan atas ajakan seorang rekan, aku memutuskan untuk terlibat sebagai panitia pada Kelas Inspirasi Bandung #3. Aku terlibat pada divisi rekrutmen yang bertugas menyeleksi relawan inspirator yang akan terlibat mengajar pada hari inspirasi 18 Februari 2015. membaca tulisan dari banyak orang yang memasukkan aplikasi membuatku belajar bahwa banyak sekali orang Indonesia yang mau terlibat untuk memajukan Indonesia, terutama dunia pendidikan. Banyak orang yang bersedia meluangkan waktunya untuk menginspirasi anak-anak Indonesia. Aku juga membaca berbagai pengalaman menarik dan menginspirasi yang ingin mereka bagikan pada anak-anak SD nantinya.

Kemudian aku terlibat sebagai pendamping di SDN Ciumbuleuit 1, Bandung dengan 8 orang relawan inspirator, 2 orang relawan fotografer, serta 1 orang relawan videografer yang terdaftar. Ketika briefing, yang hadir hanya 4 orang relawan inspirator dan 2 orang relawan fotografer. Sempat desperate, sambil agak senang juga. Haha.. Desperate karena hanya setengah dari relawan terdaftar yang hadir, khawatir mengenai apa yang terjadi di Hari Inspirasi jika hanya sebanyak itu orang yang terlibat. Senang karena aku bisa turun mengisi di kelas kalau inspirator di kelompokku kurang. Haha.. Karena passion sebenarnya adalah bertemu anak-anak dan mengisi kelas.

Dalam perjalanannya, 7 inspirator, 2 fotografer, dan 1 videografer siap terlibat untuk menginspirasi 12 kelompok belajar di SDN Ciumbuleuit 1. Semua relawan yang sangat keren dan bahu membahu mempersiapkan dan melaksanakan Hari Inspirasi dengan sangat luar biasa.

No comments:

Post a Comment