Friday, April 12, 2013

Make It Simple

Kali ini aku ingin berbagi lagi dari tulisan yang ditulis Henrik di Positivity Blog-nya yang dikirimkan padaku. Ia berbagi tips mengenai 10 kebiasaan sehari-hari yang membuat hidupnya lebih simpel dan tenang. Berikut adalah tips tersebut.

1. Use a minimalistic workspace.
Tujuannya adalah untuk meminimalisir gangguan, sehingga kita bisa lebih fokus pada apa yang dikerjakan.

2. Cook more food than you'll eat.
Hal ini dapat membuat kita lebih menghemat waktu karena kita tak membutuhkan lebih banyak waktu untuk memasak lagi jika lapar. Kita juga tak perlu mencuci piring atau melakukan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan memasak karena kita telah melakukannya sebelumnya. Sehingga kita dapat menggunakan waktu-waktu tersebut untuk melakukan hal lain.

3. Write shorter emails.
Menulis email yang lebih pendek ini juga dapat menghemat waktu. Kita tak perlu terlalu pusing memikirkan kata-kata apa saja yang akan kita tuliskan sebagai pengantar atau penutup, padahal isi dari email tersebut hanya beberapa kata atau kalimat. Ada kalanya, langsung pada isi email tersebut adalah cara yang lebih baik. Terkadang, tidak semua orang memiliki waktu untuk membaca email yang panjang. Tentunya, perhatikan juga kepada siapa email tersebut dikirimkan. Jika memang membutuhkan email yang lebih panjang, buatlah email yang panjang tersebut, tapi jangan terlalu panjang.

4. Be 10 or 5 minutes early for meetings and appointments.
Cara ini membantu kita untuk lebih tenang daripada jika datang pas-pasan pada waktu yang dijanjikan, sehingga kita tidak terburu-butu dan tidak panik.

5. Spend only 20% of your time on dwelling on a problem.
Cukup 20% waktu yang kita gunakan untuk memikirkan masalah yang dihadapi. Gunakan 80% waktu sisanya untuk memikirkan solusi dari permasalahan tersebut. Terlalu lama memikirkan masalah tidak akan membantu kita menyelesaikan masalah tersebut. Fokus pada solusi dan hidup kita akan lebih simpel dan tenang.

6. Stop trying to do things perfectly.
Tidak ada manusia yang sempurna. Begitu pun dalam melakukan sesuatu. Kita tak dapat menyelesaikan semuanya dengan sempurna. Ada beberapa hal, seperti tugas atau pekerjaan atau hal lain yang tak dapat kita selesaikan dengan sempurna. Tak perlu memaksakan untuk melakukannya dengan sempurna. Lakukan saja yang terbaik yang mampu dilakukan. Karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Dan memaksakan untuk melakukan dengan sempurna hanya akan membuat kita stres dan tidak tenang.

7. Eat slower
Makan dengan lebih lambat membuat kita jadi lebih santai. Ini juga dapat menjadi salah satu sarana relaksasi bagi kita.

8. Enjoy the simple pleasures.
Menikmati hal-hal kecil yang menyenangkan juga dapat membuat hidup kita lebih simpel dan menyenangkan. Nikmati hal-hal tersebut. Tak harus sesuatu yang besar dan "wah" yang memberikan kepuasan pada kita. Hal-hal kecil yang mudah didapatkan pun menyenangkan dan memberikan kepuasan. Salah satu hal kecil yang menyenangkan bagiku adalah tidur, bermusik, dan nonton. Find yours.

9. Write everything down
Menuliskan sesuatu dapat membantu membuat pikiran lebih santai dan tidak kusut. Tuliskan apa yang ingin dilakukan, ide-ide yang dimiliki, janji yang harus dipenuhi, apa yang harus dibeli, dan sebagainya. Tulisan tersebut dapat diletakkan di tempat yang terjangkau dan sering terlihat, sehingga tidak terlupakan.

10. Breathe.
Ketika mulai stres dan tidak tenang, aturlah pernapasan. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih tenang. Mengatur pernapasan juga merupakan salah satu bentuk terapi untuk relaksasi. Bernapas dengan perlahan selama 5-10 menit akan membantu mengurang kecepatan detak jantung kita, yang pada akhirnya akan membantu kita untuk lebih tenang.

Semoga tips di atas dapat membantu kita untuk lebih tenang dan menikmati hidup yang simpel dan menyenangkan.

Enjoy your life.. Enjoy your day..
Make it simple and enjoy it...
^_~


Bandung, 12 April 2013
22:22 waktu laptopku

No comments:

Post a Comment