Tuesday, July 8, 2014

Ranah Kognitif Taksonomi Bloom

Taksonomi Bloom terbagi dalam 3 ranah, yaito kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada tulisan ini, akan dibahas mengenai ranah kognitif. Ranah ini disusun secara bertingkat, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling sulit, yaitu sebagai berikut.

1.      Pengetahuan (knowledge)
Pengetahuan didefinisikan sebagai suatu ingatan terhadap materi yang telah dipelajari. Hal ini meliputi ingatan terhadap jumlah materi yang banyak, dari fakta-fakta yang khusus hingga teori-teori yang lengkap.
2.      Pemahaman (comprehension)
Pemahaman diartikan sebagai suatu kemampuan menangkap makna suatu bahan ajar. Hal itu dapat diperlihatkan dengan cara menerjamahkan bahan dari suatu bentuk ke bentuk yang lain, menafsirkan bahan (menjelaskan atau meringkas), dan memperkirakan trend masa depan.
3.      Penerapan (application)
Penerapan yang dimaksudkan menunjuk pada kemampuan menggunakan bahan ajar yang telah dipelajari pada situasi yang baru dan konkret.
4.      Analisis (analysis)
Analisis menuntut suatu kemampuan memilah-milah suatu bahan pada bagian-bagian komponennya sehingga struktur bahan tersebut dapat dipahami. Hal itu meliputi identifikasi bagian-bagiannya, analisis hubungan antara bagian-bagian itu, dan pengenalan terhadap prinsip-prinsip pengorganisasian unsur yang terkait.
5.      Sintesis (synthesis)
Sintesis menunjuk pada suatu kemampuan untuk menghimpun atau menyatukan bagian-bagian atau elemen-elemen untuk membentuk pola baru.
6.      Evaluasi (evaluation)
Evaluasi merujuk pada kemampuan untuk memutuskan atau menentukan nilai suatu materi untuk suatu tujuan yang telah ditentukan.

Sumber:
Zaini, Hisyam, dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.


Bandung, 8 Juli 2014
00:30 waktu laptopku

_Vani_

No comments:

Post a Comment