Saturday, May 31, 2014

Ketika Menyukainya

Kali ini masih belum tertarik untuk menuliskan sesuatu yang teoritis seperti sebelum-sebelumnya. Sedang tertarik untuk menuliskan hal-hal sederhana yang dialami dan ingin dituliskan. Kali ini aku sedang tertarik untuk menuliskan tentang "suka".

Teringat kata-kata seorang teman...
"Suka itu...dimulai dr ketertarikan...ingin tahu lebih.. ...
Suka itu, pengen tau dia dari berbagai hal...beragam sudut pandang...kenapa dia begini dan begitu.."
Aku menghayati kalau "suka" itu tidak hanya ke orang. Tapi juga ke berbagai hal yang dilakukan. Ke aktivitas yang sedang dijalani, ke tugas-tugas yang sedang dikerjakan, dan sebagainya.

Ketika suka dan tertarik pada sesuatu, kamu akan melakukan apapun... untuk dekat dengannya, untuk mengerjakannya, untuk menyelesaikannya. Kamu akan memberikan yang terbaik. Kamu akan menghabiskan banyak waktu dengannya, untuknya. Kamu akan mencari berbagai informasi terkait dengannya.

Ketika menyukai sesuatu, kamu selalu bisa pulang atau mengakhirinya dengan tersenyum.

Hari ini, aku kembali diingatkan bahwa aku dapat selalu merasakan rasa suka itu. Hari ini aku diingatkan kembali akan rasa suka itu dan diingatkan untuk bersyukur memilikinya.

Tidak seperti biasanya, tadi aku berangkat dengan sedikit enggan. Bukan enggan untuk pergi ke sana. Tapi karena suasana hati yang memang sedang tidak nyaman. Karena kondisi dan tuntutan yang sedang dihadapi yang membuat tidak nyaman dan tak enak kalau pergi seperti biasa. Kondisi yang membuat ragu apakah sebaiknya pergi atau tidak.

Akhirnya, dengan berbagai pertimbangan, aku memutuskan untuk tetap pergi. Bertemu anak-anak seperti biasa. Terlambat sih.. Tapi tak apa.

Karena suasana hati yang memang sedang tidak nyaman, tanpa disadari, ternyata aku membuat jarak dengan mereka. Datang dengan earphone masih terpasang di telinga. Hanya menyapa balik anak-anak yang menyapa terlebih dahulu. Tidak ikut terlibat dalam permainan yang sedang mereka mainkan.

Ya, hari ini aku memilih untuk menjadi observer saja. Mengamati dari jauh. Tidak begitu berniat untuk bertanya, apalagi ikut serta dalam bermain.

Tapi ternyata sekedar mengamati saja sudah dapat membuatku banyak tersenyum.

Mengamati anak-anak cowok kelas 5 dan 6 SD yang tiduran di lapangan rumput sambil foto-foto. Cuma bisa tersenyum sambil berpikir, "Hmm.. Cowo-cowo yang mulai beranjak dewasa.."

Mengamati anak-anak TK dan kelas 1 SD yang sedang main UNO tanpa tau peraturan mainnya. Mereka membuat peraturan-peraturan mereka sendiri. Berkali-kali berdebat karena saling tidak setuju dengan peraturannya. Cuma bisa tersenyum sambil berpikir, "Hmm... Begini ya bocah-bocah yang sedang berdebat.. Lucu.."

Mengamati anak-anak kecil yang sedang bermain bola di lapangan. Lari sana sini. Tendang sana sini. "Senang ya..." 

Mengamati anak-anak perempuan yang sedang bermain lego dan bongkar pasang lainnya. Mencoba meniru bentuk-bentuk yang ada atau membuat bentuk-bentuk sendiri. "Kreatif ya..."

Mengamati anak yang sibuk menggambar sendiri.

"Semua orang punya pilihan hal yang menyenangkan untuknya... Semua orang punya pilihan apa yang dilakukannya dan dengan siapa ia melakukannya..."

Begitu pulang,, aku senang. Aku lupa kalau sebelum berangkat aku tidak tenang. Aku lupa rasa tak nyaman yang dirasakan sebelum berangkat tadi. Aku pulang dengan tersenyum karena aku suka ada di sana. Aku menyukainya.

Kembali ke tugas yang menunggu. Tesis yang dalam minggu ini harus selesai dan ditandatangani agar bisa seminar sesuai jadwal.

Hmm... Bahkan mengingatnya saja membuatku tidak nyaman lagi. Belum membuka file-nya saja sudah membuatku tak senang. Menyedot beberapa energi positif yang tadi sempat terkumpul.

Aaah,, aku masih belum menyukainya. Rasa suka yang masih aku usahakan sejak sekitar 1 bulan yang lalu. Sejak 17 April tepatnya. Rasa suka yang sampai sekarang ternyata masih belum terbentuk.

Masih dan akan terus berjuang untuk menemukan rasa suka itu agar bisa mengerjakan dan menyelesaikannya dengan tersenyum. Agar bisa memberikan yang terbaik dalam setiap langkahnya. Agar bisa selalu bangkit dan menjadi lebih baik setiap kali ada yang menghalangi.

Semangaaaaat... Mungkin belum sekarang... Tapi akan segera... Suka... Tesis.. ^_^


Sabtu, 31 Mei 2014
23:29 waktu laptopku

_Vani_

No comments:

Post a Comment