Saturday, September 27, 2014

Learn From Others

Minggu lalu adalah salah satu dari momen-momen paling berharga yang pernah aku alami.. Ketemu orang-orang baru lagi dengan pengetahuan, pengalaman, dan impian mereka.. Untukku, bukan hal yang benar-benar baru sebenarnya.. Justru merupakan hal-hal yang melengkapi apa yang pernah aku miliki. Membantuku melihat dari sudut pandang lain, yang dulu mungkin tak pernah terperhatikan olehku..

Mulai dari ketemu rekan baru yang punya banyak banget link bagus.. Ia punya banyak pengalaman keren yang membuatku iri, sebenarnya.. Terlibat di organisasi-organisasi hebat dengan posisi-posisi hebat.. Meskipun begitu, perjalanan karirnya ternyata tidak selalu semulus yang aku bayangkan..

Lalu ketemu partner yang benar-benar baru ketemu di lapangan dan harus kerja bareng di depan peserta selama 3 hari 2 malam.. Partner yang meskipun baru kenalan H-beberapa jam sebelum kegiatan, tapi bisa membuatku nyaman dan ia pun merasa nyaman untuk menceritakan banyak hal tentang dirinya.. Partner yang ngakunya baru 1 tahun kerja di bidang ini tapi terlihat sudah sangat menguasai medan.. Partner yang terbuka  terhadap berbagai masukan dan mau berbagi pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya..

Juga ketemu dengan anak-anak muda yang punya impian besar dan mulia.. Mulai dari mengerjakan apa yang ia suka, berbagi pada orang-orang yang kurang terperhatikan, sampai impian mengubah organisasi besar yang sudah terlihat jelek di luar agar menjadi lebih baik..

Dari mereka, aku belajar banyak hal.. Mulai dari melakukan apa yang kamu sukai dan kuasai.. Tidak semua orang punya kesempatan bisa melakukan apa yang ia sukai dan mendapatkan penghasilan dari sana.. Tidak semua orang bisa mengikuti impiannya.. Jadi, aku merasa mereka hebat bisa melakukan itu.. Aku pun merasa beruntung memiliki kesempatan itu..

Lalu, aku belajar tentang kesempatan, tantangan, dan resiko.. Kesempatan bisa datang kapan aja. Terkadang di saat yg tak disadari.. Dan kesempatan itu mungkin ga akan datang 2 kali.. Jadi,, manfaatkanlah kesempatan yang datang padamu, terutama ketika itu adalah kesempatan berharga untukmu..

Aku juga belajar bahwa posisi bagus di perusahaan besar belum tentu sebuah pencapaian terbesar bagi seseorang.. Terkadang, ketika telah berhasil mencapai berbagai prestasi di satu tempat dan sudah tak mungkin lagi untuk berkembang, maka di saat itulah harus pindah.. Sering kali meninggalkan kenyamanan yang sudah dimiliki itu tidak mudah.. Tapi darisanalah kita belajar.. Mulai lagi di tempat baru, belajar lagi banyak hal, raih prestasi setinggi mungkin..

Di situlah letaknya tantangan dan resiko.. Seberapa berani kah menghadapi tantangan itu? Seberapa kuat kah menghadapi resiko yang mungkin akan dihadapi? Karena, memulai lagi di tempat baru itu tidak mudah.. Harus beradaptasi lagi, belajar lagi.. Bahkan, pada beberapa situasi, tempat baru itu mungkin tak memberikan jaminan sebaik tempat sebelumnya..

Tentu, setiap orang itu berbeda-beda.. Hal yang berharga bagi seseorang, mungkin hanya sesuatu yang biasa saja bagi orang lain.. Hal menarik bagi seseorang mungkin adalah sesuatu yang membosankan bagi orang lain.. Dari sana aku belajar mengenai sudut pandang lain dalam melihat sesuatu.

Kadang, ketika merasa memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan, kita lupa untuk memperhatikan orang lain.. Terkadang kita berpikir kita lah yang paling benar dan orang lain selalu salah.. Tapi balik lagi, setiap orang unik dengan segala perbedaan yang ada..

Belajar tidak sombong.. Belajar mendengarkan orang lain.. Belajar memberi dan menerima, tidak hanya memberi atau menerima saja.. Belajar memahami orang-orang dan segala hal di sekitar..

Dari sana aku belajar bahwa ketika kamu merasa kamu paling benar dan paling baik, maka saat itu lah kamu tidak sebaik dan tidak sebenar yang kamu pikirkan.. Belajar memahami orang lain membuatku paham bahwa masih banyak yang lebih baik atau sama baiknya atau baik dalam hal-hal yang berbeda..

Sekali lagi, setiap orang itu unik dengan segala kelebihan dan keterbatasannya.. Orang yang dianggap sebagai paling lemah sekalipun pada dasarnya punya kelebihan pada suatu bidang tertentu, lebih baik darimu..

"Kembangkan kelebihanmu, maka kamu akan jadi orang yang spesial di bidang kelebihanmu itu.. Lalu, cari lah orang untuk melengkapi kelemahanmu.. Perbaiki kelemahanmu saja, maka kamu akan jadi orang yang biasa-biasa saja.."

Ungkapan yang aku sampaikan pada salah satu peserta seminggu yang lalu.. Ungkapan yang ternyata didengar dan menjadi perhatian partner-ku saat itu.. Ungkapan yang justru digunakannya untuk mengingatkanku.. Yang membuatku mencoba untuk melakukan refleksi diri lagi.. Yang sering kali lupa untuk dilakukan..

Senangnya..
Ketemu banyak orang..
Mendengar banyak pengalaman..
Menyimak banyak impian dan pengetahuan..
Belajar banyak hal..
Can't wait for another moment like that..
Hoping that I'll find it soon.. ^_^

Bandung, 28 September 2014
01:40 waktu ponselku..

No comments:

Post a Comment